KPU Muratara Gelar Gebyar Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula SMA/SMK/MA se – Muratara

KPU Muratara Gelar Gebyar Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula SMA/SMK/MA se – Muratara

Murexs.com, Muratara – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Musi Rawas Utara mengadakan gebyar sosialisasi pendidikan bagi pemilih pemula untuk anak SMA/SMK/MA, Kamis (8/8/2024) dihalaman KPU Muratara.

Sosialisasi yang dilaksanakan di halaman kantor KPU Muratara ini dibuka oleh anggota KPU Muratara divisi Sosdiklih SDM & Parmas.

Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa gebyar sosialisasi ini bertujuan untuk menambah wawasan tentang kepemiluan kepada para siswa khususnya mereka yang menjadi pemilih pemula pada pemilihan serentak nanti.

Menurutnya, pemilih pemula merupakan warga negara Indonesia yang pada saat pelaksanaan pilkada sudah berusia 17 tahun. Mereka memiliki hak sepenuhnya untuk menyampaikan pilihan di tempat pemungutan suara (TPS).

”Pemilih pemula, yang merupakan kalangan anak muda, perlu diberikan pemahaman dalam mewujudkan demokrasi. Setiap warga negara Indonesia memiliki hak untuk memilih sesuai hati nurani, tanpa paksaan atau memilih karena ada iming-iming tertentu. Dalam mewujudkan demokrasi, kedaulatan sepenuhnya ada di tangan rakyat,” tegasnya.

Sosialisasi ini diikuti oleh pelajar tingkat SMA/SMK/MA se Kabupaten Musi Rawas Utara. Dalam giat gebyar sosialisasi yang digelar selama tiga hari ini KPU Muratara juga mengadakan berbagai macam lomba diantaranya Lomba Orasi tentang kepemiluan, Lomba Cepat Tepat dan Lomba Kreasi.

Hadir dalam pembukaan acara ini Asisten I, Kesbangpol, Polres Muratara, Disdukcapil, dan para dewan guru pendamping siswa serta instansi terkait lainnya.(Lul/13)

Pemerintahan Politik Umum