Mencuat Adanya Dugaan Intervensi Politik Oleh Oknum Pejabat di Lingkungan Pemkab Musi Rawas

Mencuat Adanya Dugaan Intervensi Politik Oleh Oknum Pejabat di Lingkungan Pemkab Musi Rawas

Musi Rawas, Murexs.com – Mencuat adanya dugaan intervensi politik mengarahkan sejumlah Kepala Sekolah melalui (Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) untuk mendukung salah satu calon pada Pilkada Kabupaten Musi Rawas terus bergulir dan menjadi perbincangan hangat, Senin (07/10/2024)

Upaya intervensi politik itu, diduga dilakukan dengan meminta langsung kepada para Kepala Sekolah melalui K3S dan MKKS se Kabupaten Musi Rawas tersebut untuk mendukung salah satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas. 

Dugaan mobilisasi dukungan tersebut, diungkapkan salah seorang Kepala Sekolah yang menghadiri undangan pertemuan seluruh Kepala Sekolah se-Kabupaten Musi Rawas di salah satu kedai, dirinya mengakui bahwa benar undangan tersebut diterimanya melalui pesan singkat Whatsapp.

“Pertemuan berlangsung dilantai 2 di salah satu kedai yang berlokasi di Lubuklinggau”,ujar salah seorang Kepala Sekolah yang meminta identitasnya dirahasiakan, saat dikonfirmasi dikediamannya, Minggu (06/10/2024).

Dia membenarkan bahwa memang benar adanya pertemuan tersebut dan almarhum Talimin ikut hadir dalam pertemuan itu.

“Benar saya diundang dan hadir namun untuk perihal apa tujuan dari pertemuan tersebut awalnya saya kurang tahu karna tidak ada penjelasan tentang perihal apa pertemuan tersebut di dalam isi undangan yang kami terima melalui pesan Whatapp,”ungkapnya.

Dikatakan, pertemuan itu diikuti sekitar 30 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA se kabupaten Musi Rawas yang berlangsung dilantai 2 yang juga dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Musirawas yang didampingi Bapak Reza Novianto Gustam.

“Acara dimulai sekitar pukul 20.30 dan berakhir sekitar pukul 22.00 WIB, awalnya kami tidak tau perihal apa petemuan tersebut dilaksanakan, namum dimana saat berjalannya rangkaian acara tersebut baru kami paham bahwa pada intinya diminta untuk memenangkan Paslon Nomor 1,”ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas hingga berita ini tayang belum berhasil ditemui.

“Bapak lagi ada rapat dan ada kegiatan,”.ujar salah seorang staf saat wartawan mendatangi kantor Disdik Mura

Diketahui sebelumnya ada kabar berita duka akibat kecelakaan yang memakan korban jiwa menimpa Warga Jalan Lingkungan Inpres, Desa Marga Tunggal, Kecamatan Jayaloka, Kabupaten Musi Rawas telah meninggal dunia dalam kecelakaan yang terjadi, Kamis (3/10/2024) sekira pukul 22.20 WIB.

Korban jiwa tersebut menimpa Kepala Sekolah SD Negeri (SDN) 2 Ngestiboga 1, Talimin (56) yang meninggal dunia dalam kecelakaan lalulintas di Jalan Yos Sudarso, depan simpang Jalan Junaidi, Kelurahan Watervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun diketahui memang benar, jika korban pada saat itu hendak pulang seusai menghadiri pertemuan tersebut. Diketahui, yang bersangkutan juga menjabat sebagai ketua K3S Kecamatan Jayaloka sekaligus Ketua PC PGRI Kec. Jayaloka (tim)

Pemerintahan Pendidikan Politik Umum