KadisBudPar : Festival Danau Rayo Muratara Kenalkan Pariwisata Sampai Mancanegara

KadisBudPar : Festival Danau Rayo Muratara Kenalkan Pariwisata Sampai Mancanegara

Murexs.com.Muratara – Pegelaran pembukaan Festival danau Rayo ke-5,hari Rabu 07/08/2024 , dibuka dengan sedekah ramo makan bersama 1000 nasi tumpeng/ Punjung sebagai simbol Kebudayaan masyarakat Muratara.

Disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Marlinda Sari pada wartawan usai acara pembukaan festival danau Rayo.

Menurutnya sedekah ramo makan nasi punjung merupakan kebersamaan antara pemerintah dengan rakyat tidak ada jarak.

“ Ini simbol budaya Muratara yang menandakan antara masyarakat dengan pemerintah tidak ada jarak untuk membangun Muratara,”jelas kadis pariwisata Marlinda.

Selain itu acara pembukaan Fastival danau Rayo hari ini di ikuti dengan lomba-lomba seperti lomba nari, lomba nyanyi,lomba rebana,serta lomba hias Bidar.

Sedangkan undangan yang hadir hari ini selain para OPD,para dewan guru,Kepala Desa dan perangkat desa serta ibu-ibu PKK dari seluruh desa dalam wilayah Muratara.

Lanjut Malinda,disisi penataan panggung sesuai arahan dari kementrian para wisata tahun pertama kita stick di bawah,tahun ke-dua kita disini ngadap kanan,tahun ke-tiga kita open stick namun arah nya harus ke danau.

“Jadi bagi masyarakat yang melihat ataupun ada yang mosting secara online bisa terlihat danau,”kata Marlinda

Ia berharap,agar kedepan danau Rayo dapat meningkat baik penataan bangunan nya, maupun pengunjung wisatanya,Karena danau rayo merupakan objek wisata yang berada sangat strategis tidak jauh dari pusat ibu kota kabupaten.

Selain itu juga harapannya dengan mengenalkan budaya sedekah ramo setiap tahunnya di danau rayo menjadikan danau rayo dikenal sampai mancanegara, menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke danau rayo.

(Lul/13)

Pariwisata Pemerintahan Umum